Resep “Cakwe Goreng Sederhana dan Mudah” Ini Bisa Banget Dicoba Sendiri di Rumah! Rasa Nendang, Bikinnya Nggak Pake Ribet!

Buat ngemil di kala lagi senggang, pasti emang kalau ditemani dengan cakwe. Nah, buat kamu yang suka atau belum pernah coba jajanan yang satu ini, maka wajib banget nih cobain. Soalnya makanan ini emang gurih dan enak banget.

Yuk, langsung lihat gimana cara bikinnya dan bahan-bahannya apa aja sih?

Berikut ini videonya:

Bahan-bahannya adalah :

200 gr Tepung cakra

130 gr Air

2 gr Fermipan

3 gr Garam

1/2 sdt Baking Powder

1 sdt Baking Soda

Cara membuatnya:

1. Aduk rata bahan kering dengan menggunakan sendok: tepung, fermipan, garam, baking powder, baking soda

2. Setelah tercampur rata, tambahkan 130 gram air lalu aduk hingga seluruhnya tercampur rata.

Apabila sudah mulai bergumpal, bisa dilanjutkan dengan menggunakan tangan hingga tercampur menjadi adonan yang homogen.

3. Kemudian adonan kita tutup dengan plastik dan kita simpan di tempat yang hangat selama 30 menit.

4. Setelah 30 menit, taburi meja kerja Anda dengan terigu yang cukup untuk menghindari adonan lengket ke meja.

5. Keluarkan adonan, kemudian pipihkan setelah itu lipat adonan seperti mengikuti bentuk amplop.

6. Tutup kembali dengan plastik dan biarkan adonan beristirahat selama 20 menit.

7. Setelah 20 menit, taburi bagian atas adonan dengan terigu kemudian kita panjangkan dengan cara menarik kedua ujung secara perlahan, untuk menghindari adonan putus.

8. Setelah memanjang, adonan kita pipihkan sehingga mencapai ketebalan kira-kira 0,5 cm.

Usahakan agar lebar adonan relatif sama.

9. Kemudian kita potong-potong adonan selebar 2 cm.

Lalu tumpuk setiap 2 adonan, kemudian tekan bagian tengahnya menggunakan tusuk sate.

10. Panaskan minyak hingga mencapai suhu 200 derajat.

Kemudian adonan kita tarik sedikit baru masukkan ke dalam penggorengan.

11. Setelah berwarna coklat keemasan, angkat kemudian tiriskan.

Setelah selesai, cakwe siap dihidangkan. Selamat menikmati!

Sumber: youtube

Tinggalkan Balasan