JENIUS! (Tentang Maulid Nabi): Duet Cantik Ustadz Abdul Somad Membantah Perayaan Maulid dari Syiah dan Ust Adi Hidayat Menelisik Bukan Bidah

MAULID BUKAN DARI SYIAH – H.Ustadz Abdul Somad Lc.,MA

Ada kelompok orang berpendapat bahwa merayakan maulid Nabi adalah bid’ah karena itu merupakan amalan orang syiah. Bagaimana Penjelasannya?

Maulid pertama kali dilakukan BUKAN OLEH ORANG SYIAH, tapi dilakukan oleh Al Malikul Mudhaffar, dia adalah seorang raja yang adil.

Imam Ibnu Katsir mengatakan dia adalah seorang raja yang zuhud, alim, berlimu dan adil. Maka menurut Imam As Suyuti ra dalam kitab Al Hawi Lil-Fatawi dia menceritakan bahwa Maulid Nabi itu Isinya hanya empat saja yaitu baca al qur’an, memuji Nabi, Nasehat- nasehat lalu kemudian makan.

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=tK6Wp_emQqs

=TIDAK SEMUA YANG TIDAK DICONTOHKAN NABI DISEBUT BIDAH-Ust Adi Hidayat

Tidak setiap yang tidak dicontohkan oleh Rasul adalah Bid’ah. Hati-hati, harus tuntas penjelasannya. Jangan memberikan celah.

Ingat, yang disebut Bid’ah itu sesuatu yang tidak ada ketentuannya dari Rasul. Ketentuannya ada empat sifatnya. Satu, ada dalilnya ada contohnya misalnya shalat. Kedua, ada dalilnya tapi contohnya sementara seperti qunut. Ketiga, ada dalilnya cuma contohnya tidak ada.

Awas, hati-hati jadi setiap yang tidak ada contohnya itu disebut Bid’ah. Sepanjang ada dalilnya walaupun tidak ada contoh, sepanjang Nabi mengisyaratkan untuk mengerjakan itu boleh.

Karena tidak setiap yang disampaikan oleh Nabi dicontohkan dalam kondisi tertentu. Misal, shalat tahyatul masjid. Nabi selama hidupnya tidak pernah tahyatul masjid.

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=JOQAYyPqSPY

Tinggalkan Balasan