Hati-hati! Berikut 3 “Fakta Mengejutkan” Dibalik Kelezatan Bayam, Jika Dimasak Lebih Dari 1 Menit Bisa Berakibat Seperti Ini Loh!

Bayam adalah salah satu jenis sayuran paling populer di Indonesia, bahkan juga di dunia. Cara pengolahannya mudah dan rasanya juga lezat.

Selain itu, film Popeye si pencinta bayam yang begitu terkenal mungkin juga menjadi alasan bayam jadi sayuran favorit anak-anak di banyak rumah. Cara memasak bayam memang sekilas mudah, tapi sebenarnya tidak sesederhana yang kita bayangkan.

Memasak bayam terlalu lama bisa membuat nutrisi baik di dalamnya rusak atau bahkan hilang. Tidak mau kan sayur bayam yang dimakan keluarga jadi tidak lagi bernutrisi? Kalau begitu kita perlu tau betul cara paling benar untuk memasak bayam.

1.Masak Bayam Cukup 1 Menit

Bayam pada dasarnya mengandung banyak antioksidan, vitamin (A, K, C, Folat), mineral (besi, mangan) dan serat. Sayangnya, nutrisi ini bersifat sangat cepat rusak. Karena itu, saat membeli kita sebaiknya memilih bayam yang masih segar.

Usahakan jangan memasak bayam terlalu lama. Bayam bisa matang hanya dengan pemanasan selama 1 menit. Perebusan lebih dari 4 menit justru akan membuat bayam kehilangan separuh dari asam folatnya.

Karena hanya perlu dimasak sebentar kita perlu menghindari diri dari kemungkinan parasit yang belum mati. Oleh karena itu, pastikan mencuci bayam sebersih mungkin sebelum dimasak.

2. Bayam Sebaiknya Tidak Dipanaskan Ulang

Bayam juga sebaiknya tidak dipanaskan ulang. Bukan karena bayam mengandung nitrat yang beracun seperti mitos yang beredar selama ini, tapi lebih karena kandungan nutrisi bayam akan semakin rusak.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayam memang mengandung nitrat, namun masih dalam level aman sehingga tidak perlu ditakutkan. Nitrat juga adalah komponen alami yang biasa terdapat di semua sayuran, bukan hanya bayam.

3. Kekurangan Bayam

Selain itu, bayam juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita batu ginjal. Bayam mengandung banyak asam oksalat yang tidak menimbulkan masalah bagi orang biasa namun bisa memicu terbentuknya batu ginjal bagi penderitanya.

Kekurangan lain, bayam juga mengandung purin yang bisa diubah tubuh menjadi asam urat. Konsumsi wajar tidak akan menimbulkan masalah asam urat. Asam urat hanya akan timbul jika dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh penderita asam urat.

Nah itu serba serbi cara paling benar mengolah bayam dan kekurangannya bagi penderita penyakit tertentu. Informasi ini penting untuk diketahui agar kita bisa memberikan makanan terbaik penuh nutrisi dan vitamin bagi keluarga tercinta di rumah.

Tinggalkan Balasan