Terkuak! Ternyata “Kurma” Memiliki “Kandungan Dahsyat” yang Sangat Berguna Bagi Ibu Hamil Menjelang Persalinan Loh! Kamu Pasti Belum Tau

Ketika kamu hamil, sepatutya menjaga pola makan serta memastikan makanan yang dikonsumsi akan memberikan nutrisi bagi janin dan tubuh diri sendiri.

Nah…umumnya baik dari kalangan dokter, keluarga, teman yang pernah melahirkan dan hamil selalu menyarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi baik sayur, buah, dan jenis daging yang menyehatkan. Namun, sangat jarang bahkan hampir tak ada orang yang menganjurkan untuk mengkonsumsi kurma saat hamil.

Ternyata Moms, Kurma ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kehamilan, meskipun hingga saat ini belum banyak yang membahasnya. Buah Kurma kaya akan protein, serat, dan vitamin, namun rendah lemak. Kurma mengandung serat larut dan tidak larut, dan karenanya sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan.

Belum selesai nih, ternyata kurma juga sebagai sumber gula alami, kaya akan kalium, dan rendah sodium. Dua mineral yang terakhir ini membantu mengatur sistem saraf.

Lalu apa manfaat kurma bagi kehamilan ?
Studi dari Journal of Obstetrics and Gynecology tahun 2011 menemukan bahwa kurma akan membantu melebarkan leher rahim, sehingga membantu melancarkan persalinan.

Ibu hamil yang mengonsumsi 6 butir kurma setiap hari selama empat minggu menjelang persalinan, selaput ketubannya utuh saat menuju rumah sakit, leher rahimnya semakin melebar, tidak membutuhkan obat-obatan induksi, proses persalinan berjalan secara spontan, dan memiliki waktu persalinan yang lebih singkat.

Selain itu Journal of Midwifery & Reproductive Health juga menyebutkan bahwa buah kurma memiliki efek seperti oksitosin pada tubuh, yang meningkatkan sensitivitas rahim. Efek tersebut juga memiliki efek laksatif yang membantu menstimulasi kontraksi rahim, dan mengurangi perdarahan paska persalinan seperti yang ditimbulkan oleh oksitosin. Sedangkan serotonin, tanin, dan kalsium pada kurma berperan dalam kontraksi otot-otot rahim.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa kurma juga mengandung kadar gula yang tinggi. Jadi, ibu hamil yang memiliki gula darah yang tinggi, sebaiknya batasi konsumsinya atau bisa juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Kamu bisa mulai mengkonsumsi 6 butir kurma setiap hari mulai usia kehamilan 36 minggu seperti yang disarankan di atas.

Luar biasa sekali ya manfaatnya. Semoga bermanfaat ya…

Sumber : Resepunggulan

Tinggalkan Balasan