Resep Tongseng Ayam Kuah Santan Ala Momy Leena

Sering banget masak tongseng. Tetapi biasanya sy gak pakai kentang, kali ini sy pakai resep cici Tintin Rayner. Dan ternyata rasanya lebih lezat dari yg biasanya sy bikin. 😄😄😄

Takaran bahan dari resep ini telah sy ubah sesuai dg selera sy, resep asli ada di akun ci Tintin Rayner. Monggo yg mau nyoba, hati hati kolesterol naik,,, 😁

Bahan-bahan 5 porsi :

500 gr ayam, potong sesuai selera. Rebus sebentar, buang airnya
200 ml santan kental
700 ml air
4 buah tomat hijau, potong potong
250 gr kol, iris iris
2 butir kentang, kupas, potong potong
10 buah cabai rawit merah, biarkan utuh
Secukupnya kecap manis (sesuai selera) sy pakai 3 sdm
Secukupnya gula, garam, penyedap, kaldu bubuk
1 batang serai, geprek
bumbu halus ;

4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
10 butir cabai rawit
1 sdt ketumbar
3 butir kemiri

Langkah (30 menit) :

Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan ayam dan serai. aduk aduk sebentar. Lalu masukkan air + santan kental
Segera susul dg kentang, cabai, tomat, dan bumbi dg gula, garam, penyedap, kaldu bubuk, merica serta kecap manis sesuai selera.
Kalau kentang sudah mulai empuk, segera masukkan irisan kol. Test rasa, lalu angkat dan beri taburan bawang goreng.
Sajikan dg nasi hangat, jangan lupa sediakan irisan jeruk dan kerupuk udang. 😘
5 Tips Mencegah Santan Pecah

Saya sering sekali mendengar kalimat berikut “awas santannya pecah, terus diaduk ya”. Terutama ketika memasak sajian yang menggunakan santan seperti sayur lodeh, opor ayam, soto betawi dan sebagainya. Namun saya sendiri tidak mengerti apa sebenarnya yang dimaksud dengan santan pecah, bagaimana kenampakannya dimasakan yang kita masak, kemudian bagaimana cita rasa yang dihasilkan apabila santannya pecah, dan masih banyak lagi. Setelah cari tahu banyak kepada kawan cook blogger sekaligus instagrammer dan kawan lain seorang chef, sekarang saya paham dan ingin juga berbagi kepada teman-teman ResepKoki semuanya.

Apa itu santan pecah?

Kondisi dimana masakan yang menggunakan bahan santan kental, kenampakan santannya menggumpal dan tidak menyatu dalam (kuah) masakannya. Hal ini jarang terjadi untuk masakan yang hanya menggunakan santan encer. (Yuk baca selengkapnya mengenai santan kental dan santan encer disini). Bisa dibayangkan dong kalo misalnya opor ayam, lodeh, ataupun soto betawi hasil masakmu; santannya memisah dan tidak berpadu cantik dengan kuahnya, ewww.

Coba resep ala rumahan nan simpel ini: Sayur Lodeh.

Resep Tongseng Ayam Kuah Santan Ala Momy Leena
admin | 30 Mei 2018 | Tak Berkategori | Tidak ada Komentar

Sering banget masak tongseng. Tetapi biasanya sy gak pakai kentang, kali ini sy pakai resep cici Tintin Rayner. Dan ternyata rasanya lebih lezat dari yg biasanya sy bikin. 😄😄😄

 

Takaran bahan dari resep ini telah sy ubah sesuai dg selera sy, resep asli ada di akun ci Tintin Rayner. Monggo yg mau nyoba, hati hati kolesterol naik,,, 😁

Bahan-bahan 5 porsi :

500 gr ayam, potong sesuai selera. Rebus sebentar, buang airnya
200 ml santan kental
700 ml air
4 buah tomat hijau, potong potong
250 gr kol, iris iris
2 butir kentang, kupas, potong potong
10 buah cabai rawit merah, biarkan utuh
Secukupnya kecap manis (sesuai selera) sy pakai 3 sdm
Secukupnya gula, garam, penyedap, kaldu bubuk
1 batang serai, geprek
bumbu halus ;

4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
10 butir cabai rawit
1 sdt ketumbar
3 butir kemiri
Langkah (30 menit) :

 

Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan ayam dan serai. aduk aduk sebentar. Lalu masukkan air + santan kental
Segera susul dg kentang, cabai, tomat, dan bumbi dg gula, garam, penyedap, kaldu bubuk, merica serta kecap manis sesuai selera.
Kalau kentang sudah mulai empuk, segera masukkan irisan kol. Test rasa, lalu angkat dan beri taburan bawang goreng.
Sajikan dg nasi hangat, jangan lupa sediakan irisan jeruk dan kerupuk udang. 😘
5 Tips Mencegah Santan Pecah

Saya sering sekali mendengar kalimat berikut “awas santannya pecah, terus diaduk ya”. Terutama ketika memasak sajian yang menggunakan santan seperti sayur lodeh, opor ayam, soto betawi dan sebagainya. Namun saya sendiri tidak mengerti apa sebenarnya yang dimaksud dengan santan pecah, bagaimana kenampakannya dimasakan yang kita masak, kemudian bagaimana cita rasa yang dihasilkan apabila santannya pecah, dan masih banyak lagi. Setelah cari tahu banyak kepada kawan cook blogger sekaligus instagrammer dan kawan lain seorang chef, sekarang saya paham dan ingin juga berbagi kepada teman-teman ResepKoki semuanya.

Apa itu santan pecah?

Kondisi dimana masakan yang menggunakan bahan santan kental, kenampakan santannya menggumpal dan tidak menyatu dalam (kuah) masakannya. Hal ini jarang terjadi untuk masakan yang hanya menggunakan santan encer. (Yuk baca selengkapnya mengenai santan kental dan santan encer disini). Bisa dibayangkan dong kalo misalnya opor ayam, lodeh, ataupun soto betawi hasil masakmu; santannya memisah dan tidak berpadu cantik dengan kuahnya, ewww.

Coba resep ala rumahan nan simpel ini: Sayur Lodeh.

 

Apakah mempengaruhi rasa masakan?

Selain kenampakannya menjadi sangat tidak menarik sehingga masakan tersebut menjadi tidak bisa diterima, cita rasanya sudah pasti berpengaruh. Yaitu masakan menjadi tidak gurih dan aroma harum khas santan tidak akan keluar.

Coba resep istimewa di momen berkumpul keluarga ini: Opor Ayam.

Cara memasak dengan santan supaya tidak pecah

Setelah memasukkan santan kental, aduk terus masakan kamu sampai mendidih. Oke, siap-siap pegel ya tangan dan lenganmu. Pengadukan yang tidak konsisten dan terus menerus (sebelum mendidih) akan membuat santan memisah atau pecah.
Setelah memasukkan santan kental, pastikan api kompor dalam posisi kecil-sedang. Api yang terlalu besar akan membuat santan lebih mudah pecah.
Jika menggunakan dua jenis santan dalam suatu masakan yaitu santan kental dan encer. Masukkan santan encer terlebih dahulu dan masak bersama bumbu dan bahan makanan hingga mendidih. Setelah itu (tahap terakhir) baru masukkan santan kental sambil terus menerapkan poin 1 dan 2 diatas yah.
Untuk meminimalisir pecah, kamu bisa menambahkan sedikit tepung beras dalam santan murni atau kentalmu, aduk hingga merata. Baru kemudian masukkan dalam masakan.
Gunakan santan instan atau siap pakai. Ini nih cara paling simpel dan jarang kejadian santan pecah. Hal ini disebabkan santan instan dalam kemasan sudah ditambahkan bahan penstabil (emulsifier) sehingga ketika dimasak dia akan tetap atau stabil konsistensinya.
Coba buat sendiri di rumah resep istimewa ini: Soto Betawi.

Okay ladies, nice info kan ya. Buat kamu yang sudah berkecimpung lama di dunia perdapuran pasti sudah paham banget akan hal ini. Sementara buat kamu yang baru mulai berkiprah di dapur, seperti saya, tidak ada kata terlambat kok untuk tahu lebih banyak. Semangat memasak!

Tinggalkan Balasan