Resep Semur Telur &Tahu Hemat Nikmattt oleh Tintin Rayner

Sabtu pagii bengong…biasa di ajak kuliner sm suami,jadi ndak ada rencana masak..ternyata today suami ada urusan mendadak huhuhu..
Mau masak bingungg belom ke pasarr kulkas kosong melompong cuma ada tahu.. hmm..

Buka2 daftar cookmark,ehh nemu Semur tahu telur mba Susi Agung xixixi,jodoh namanya..
Kalo Telur mah dirumah selalu stock untuk persiapan eksekusi baking dadakan..wkwkwk
Ga pake lama,langsung jadilah semur ngirit yang cetar badaii.. legit,manis,gurih secara aku doyan kecap..tak tambahin kecap lagi…hoho
Makasi yah mba inspirasinyaa:) lovee itttt
Cusss mommiessss
Resep by Susi Agung dengan sdikit modifikasi.

Bahan-bahan
4 porsi

5 buah Tahu-belah 2,goreng
6 butir Telur,rebus kupas
3 lembar Daun Salam
2 Batang Serai,memarkan
2 sdm Gula Merah
3 cm Lengkuas,memarkan
BUMBU HALUS :

7 Siung Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
5 butir Kemiri
1/2 sdt Merica butir:sesuai selera ya
1/4 butir Pala
1/4 sdt Ketumbar
Sesuai selera : Kaldu bubuk,kecap,garam
Langkah (25 menit) :

 

Siapkan bahan2 yaa
Tumis serai+lengkuas+daun Salam berikut bumbu halus sampai harumm
Masukkan telur +tahu.beri kecap manis.bumbui garam,gula merah,kaldu bubuk & kecap manis,aduk rata,tuangi air kurang lebih 1.5 gelas/sesuai selera ya..
Mau berkuah/kental 🙂
Masak terus sampe air susut ya,TEST RASA.aku masak ga pake lama,soale keburu waktu juga xixi.laper maksudnya..hihihi
Sajikan dengan nasi hangat+sambal+kerupuk hmmm!!
Semur Tahu Telur
Bikinnya banyakkan,soale pasukane jg banyak xixixi..
Jangan lupa taburi bawang merah goreng ya:)
Mudah+ngirit
Doyan manis,tinggal tambahin gula merah/kecapnya..ga suka manis,kurangin aja..fleksibel resepnya yaa:)
Sumber : cookpad

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu adalah anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa 🙂

Cara Memilih Telur yang Baik dan Segar untuk Dikonsumsi

Pilih berdasarkan warna kulit telur
Pilih berdasarkan warna kulit telur cara memilih telur yang baik
Cara memilih telur yang baik bisa dilihat dari warna kulitnya. Anda dapat memilih telur berwarna pekat dan tampak cerah. Pasalnya, terkadang masih ada telur berwarna pucat atau telur yang kulitnya dipenuhi dengan bintik-bintik hitam.

Apakah warna kulit telur sangat berpengaruh pada isinya? Tentu saja karena telur yang sudah lama dan tidak fresh memiliki warna kulit yang tampak kusam dan keruh. Selain itu, bintik-bintik hitam yang timbul di sekitar kulit telur menandakan bahwa telur tersebut sudah cukup lama sehingga jamur mengalami pertumbuhan di kulit telur.

 

Telur berukuran normal adalah yang terbaik
Ketika membeli telur di supermarket, Anda mungkin akan memilih telur berukuran besar karena berharap ukuran kuning telurnya lebih besar. Namun, ukuran telur tidak menjamin kualitas isi telur. Ketika memilih telur untuk dikonsumsi, pilih telur dengan ukuran yang normal.Tak hanya itu saja, telur yang berukuran terlalu kecil umumnya berasal dari ayam yang masih muda. Tentu saja ukuran kuning telur ayam muda lebih kecil dibanding telur ayam dengan ukuran normal.

Perhatikan bentuk telur
Jika diperhatikan dengan seksama, telur ayam, telur puyuh, sampai telur bebek memiliki ukuran yang berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Ada telur yang berbentuk bulat, tetapi ada juga telur berbentuk lonjong. Nah, apakah ciri-ciri telur yang bagus bisa dipilih berdasarkan bentuknya? Ya, Anda dapat memilih telur dengan bentuk bulat jika ingin ukuran kuning telur yang lebih padat dan banyak.

Menurut para peternak ayam maupun pedagang telur, bentuk telur yang lonjong justru memiliki kuning telur yang lebih sedikit. Jika Anda memilih telur berbentuk bulat, kuning telurnya lebih banyak sehingga akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sering menggunakan kuning telur sebagai bahan untuk membuat kue.

Sentuh kulit telur
Tahukah Anda bahwa ciri-ciri telur segar bisa dilihat dari permukaan kulitnya? Oleh karena itu, cara memilih telur yang baik bisa diawali dengan menyentuh kulit telur tersebut. Jika Anda menyentuh permukaan kulit telur dan mendapati teksturnya kasar dan terdapat butiran-butiran putih, itu tandanya telur tersebut adalah telur yang masih segar.

Akan tetapi, Anda jangan terkecoh dengan permukaan telur yang licin dan mengkilap. Pasalnya, kulit telur yang mulus dan tampak mengkilap menandakan bahwa telur tersebut sudah disimpan dalam waktu yang lama.

Cium aroma telur
Sama seperti ketika Anda memilih durian terbaik, Anda memanfaatkan indera penciuman Anda untuk menghirup aroma durian tersebut. Meskipun kulit telur tampak kuat dan rapat, tetapi Anda bisa mencium bau telur yang busuk, lho.

Jadi, ketika memilih telur dalam jumlah banyak, teliti saja aroma telur tersebut. Cukup dekatkan telur ke hidung Anda, lalu tarik napas dalam-dalam untuk menghirup aroma telur tersebut. Jika aromanya seperti telur busuk, dapat dipastikan bahwa isinya pun sudah busuk.

Guncang telur secara perlahan
Tips selanjutnya untuk memastikan bahwa telur yang Anda pilih masih fresh adalah dengan mengguncang telur secara perlahan. Tak perlu mengguncang terlalu keras karena pedagang bisa menegur Anda. Guncang telur secara perlahan dan dekatkan telinga.
Ciri-ciri telur yang bagus tidak akan mengeluarkan suara ketika di guncang. Pasalnya, tekstur putih telur masih sangat kental, berbeda dengan telur yang sudah lama maka bagian putihnya jadi lebih encer sehingga akan mengeluarkan suara jika dikocok. Telur yang masih segar memiliki bagian putih telur yang masih mengikat kuning telur dengan sangat rapat.

Rendam telur di dalam air
Cara memilih telur yang baik berikut ini tidak bisa Anda lakukan ketika masih berada di tempat pedagang telur karena Anda memerlukan media wadah dan air untuk melakukannya. Namun, cara membedakan telur busuk dan bagus ini bisa Anda lakukan di rumah untuk memastikan bahwa telur yang Anda pilih masih layak untuk dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan