Resep Martabak Terang Bulan Super Simpel. Cukup Pake Wajan Teflon

Terang bulan atau di kenal dengan Martabak manis, salah satu nama makanan yang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat Indonesia. Karena kepopulerannya, pedagang terang bulan pun kini beragam mulai dari terang bulan yang dijual di pinggir jalan yang menggunakan gerobak yang rasanya enak namun dengan harga yang terjangkau, hingga yang dijual di restoran atau cafe dengan tampilan mewah dengan harga yang mahal.

Terang bulan atau martabak manis saat ini ada variasi ukuran dan bentuk, ada yang besar dan ada yang mini. Keduanya dibedakan dalam proses pembuatan ketika mencetaknya saja, namun untuk teksturnya sama – sama lembut dan empuk serta rasanya sama-sama manis dan lezatt.

Oh ya … kecuali di restoran atau cafe, penjual Terang bulan atau martabak manis biasanya berjualan hanya sore menjelang malam hari saja. Terang bulan emang enak kalo dinikmati sebagai camilan saat udara beranjak dingin sebagai teman minum kopi ataupun teh.

Nah … saat ini pas lagi musim penghujan gini, kadang malas untuk beranjak keluar rumah sekedar hang out atau mencari cemilan teman bersantai dengan keluarga. Sebenarnya bisa saja sih kalo memanfaatkan jasa go food yang sudah siap antar kapan dan dimanapun, tapi alangkah enaknya kalo mencoba membuat terang bulan atau martabak manis ini sendiri di rumah.

 

Cara membuatnya cukup mudah, bahan-bahan yang di butuhkan pun gampang untuk di temukan di toko bahan kue ataupun supermarket dan dengan membuat sendiri, tentu lebih sehat dan lebih higenis dalam membuatnya, serta bisa menghemat pengeluaran juga. Topping pun bisa di kreasikan dengan ide – ide baru yang bahkan belum pernah dijual di pedagang martabak selama ini.

Berikut resep martabak simpel dan praktis dari Bunda Magdalena Sinabutar yang patut untuk di coba

Bahan-bahan :

20sdm terigu
5sdm gula
2bks vanili
1telur
2sdm mentega dicairkan
Sejumput garam
1sdt baking powder (bp)
1sdt baking soda (bs )
Cara membuat :

Campur semua adonan kecuali mentega sama bs. terus di aduk sampe rata dikasih air secukupnya.
Kalau sudah rata kasih mentega cair lalu aduk lagi terus diamkan 30 menit.
Kemudian masukan baking soda yang sudah dilarutkan dengan 1 sendok air
Diaduk lagi terus siap dicetak di teflon dengan api kecil
Masak adonan martabak sampai matang sempurna dan bagian pinggirannya menjadi kering renyah.
Beri taburan parutan keju, meises, atau topping lain sesuai selera. Lalu lipat martabak jadi dua seperti di gambar.
Selamat berkreasi. Jangan lupa berbagi resep ke keluarga yang lain.

 

Sumber

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu adalah anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa 🙂

5 Tips Membuat Martabak Manis atau Terang Bulan Sukses Bersarang dan Lebih Lembut

Siapa yang tak kenal martabak manis atau terang bulan? Cemilan ala kaki lima ini pastinya sudah tak asing bagi pecinta kuliner malam. Mungkin tidak semua dijual di malam hari ya, karena martabak manis atau terang bulan versi mini juga banyak dijajakan pagi atau siang hari di pasar tradisional. Tapi apapun ukurannya, martabak manis selalu nikmat disantap beramai-ramai saat kumpul bersama teman atau kerabat, ditemani dengan secangkir teh hangat. Mantap!

Bagi penggemar berat seperti saya, sebetulnya tak perlu jauh-jauh berburu tukang martabak. Sebab, kudapan ini juga bisa dibuat di rumah dengan memakai wajan atau alat masak cekung lainnya, lho. Martabak manis atau terang bulan bisa dibilang sukses jika terlihat bersarang/berpori dan empuk/lembut saat disantap. Tak perlu khawatir, kita juga bisa memakai trik-trik ini agar martabak manis rumahan bisa senikmat martabak yang dijajakan di luar!

1. Pakai bahan pengembang agar teksturnya semakin bersarang

Tekstur martabak manis bisa bersarang, berserat, atau berpori karena adanya gelembung udara yang “terjebak” dalam adonan. Gelembung udara ini muncul karena adonan diberi bahan pengembang seperti baking soda, baking powder, dan ragi. Anda bisa pilih salah satu bahan pengembang atau mengombinasikan dua bahan. Misalnya baking soda dan ragi. Campurkan ragi saat proses pembuatan adonan, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam agar adonannya proofing. Ketika akan dipanggang, barulah masukkan baking soda secukupnya saja dan aduk rata.

Penambahan baking soda atau baking powder sebaiknya dilakukan sesaat sebelum dipanggang. Sebab, kedua jenis bahan pengembang ini tak bisa tahan lama dalam suhu ruang. Kecuali bila pakai baking powder double acting, anda bisa mencampurkannya bersamaan dengan ragi.

2. Pakai wajan yang tebal dan anti lengket

Penjual martabak manis biasanya memakai loyang khusus martabak. Loyang khusus ini berat, tebal, dan terbuat dari besi atau baja. Kalau ingin martabak lebih matang sempurna, pakailah panci yang paling tebal di rumah anda. Selain itu, pastikan juga pancinya anti lengket sehingga martabak lebih mudah diangkat. Dengan begitu, martabak bisa matang merata dan tidak cepat gosong saat dimasak.

3. Pastikan wajan sudah cukup panas sebelum adonan masuk

Trik lain supaya martabak lebih bersarang adalah memasukkan adonan saat wajan sudah benar-benar panas. Seperti membuat kulit dadar gulung, adonan martabak akan langsung mengembang dan lebih cepat muncul pori-porinya saat bersentuhan dengan wajan panas. Cara mengecek wajannya, coba ciprati sedikit air ke atas wajan. Kalau air cepat menguap, berarti wajan sudah cukup panas untuk memanggang adonan martabak.

4. Langsung tutup wajan saat adonan sudah bulat merata di atas wajan

Tuang adonan martabak di atas wajan dan ratakan hingga berbentuk bulat. Nah, salah satu trik supaya permukaan atasnya lekas matang adalah segera tutup setelah adonan bulat merata di atas wajan. Selain itu, martabak manis juga lebih ngembang dan cepat muncul sarangnya karena suhu di dalam wajan lebih panas. Oh ya, jangan lupa untuk mengecilkan api supaya bagian bawahnya tidak cepat gosong.

5. Oleskan margarin atau mentega selagi martabaknya panas

Setelah permukaan martabak manis agak padat, taburkan gula secukupnya dan tutup lagi wajannya. Kalau pinggiran martabak sudah lepas dari wajan, buka tutupnya dan segera oleskan margarin atau mentega pada permukaan martabak. Dijamin, tekstur martabak akan lebih lembut dan bercitarasa. Selanjutnya, taburkan topping yang agak besar dan kasar seperti kacang, meses, oreo, atau coklat sesaat setelah martabak dilapisi margarin. Dengan begitu, toppingnya akan lebih menempel di permukaan martabak.

Nah, martabak manis atau terang bulan siap disajikan! Katanya kalau didiamkan dulu hingga dingin, tekstur martabak akan terasa semakin empuk. Namun, saya pasti tak tahan untuk segera menikmati lembutnya si martabak. Selain yang manis, intip juga tips membuat martabak telur gurih dengan kulit yang tipis dan renyah. Nyam!

Tinggalkan Balasan