Resep Bolen Pisang Keju Khas Bandung

Bolen Pisang Keju sudah menjadi semacam oleh-oleh khas Bandung disamping Peuyem dan camilan lainnya. Kurang pas rasanya kalau jalan-jalan ke bandung tidak mampir ke Kartika Sari atau toko sejenis untuk membeli si Bolen Pisang Keju ini.

Bolen Pisang Keju memang enak dan bikin nagih. Rasa manis dan legit dari pisang berpadu dengan rasa gurih dan asin dari potongan keju yang memanjang di dalam bolen ini. Namun buat bunda yang pingin mencicipi bolen pisang keju, nggak harus nunggu ke Bandung dulu, karena bikin sendiri juga sebenarnya nggak terlalu sulit. Bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah didapat. Yuk kita cobain. Bahan-bahan:

250 gr tepung protein tinggi (cakra)
50 ml air
4 sdm munjung gula pasir
4 sdm munjung tepung protein sedang (segitiga biru)
4 sdm munjungmargarin
1 btr telur
1 buah pisang (isian)
1 kuning telur (untuk olesan)
1 sdm susu bubuk (dancow putih)
1/2 sdt vanilli
1/4 sdt garam
Meses / keju parut (untuk taburan)
Keju (isian)
Ceres (isian)
Cara Membuat :

Campurkan tepung, margarin, gula, vanilli, susu bubuk, garam dan telur aduk sambil beri air sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis
Diamkan 30 menit tutup dengan menggunakan serbet kering.
Lalu bagi adonan jadi 12 bagian, gilas dengan gilingan dan beri isian ceres, pisang, keju. Lipat seperti amplop
Tata diloyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung
Olesi dengan kuning telur dan taburi keju parut atau meses, sesuai selera
Panggang 30 menit. Setelah matang angkat dan biarkan sampai dingin.
Caranya cukup sederhana kan? Selain untuk konsumsi sendiri, kue Bolen Pisang Keju ini juga layak untuk dijual. Apalagi masih belum banyak orang yang menjual kue ini.
Selamat mencoba yaaa 🙂
Pleas share resep ini ke teman-teman bunda yang lain. Semoga bermanfaat!
Photo: http://hesti-myworkofart.blogspot.co.id/

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu adalah anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa 🙂

Tips Sukses Memilih Pisang, Yakin Tidak Salah Pilih

Suka makan pisang? Seringkali saat memilih pisang, buah belum matang dan kadang tidak manis. Nah, agar tidak salah pilih ada tips yang perlu kamu perhatikan. Untuk mengolah buah pisang pun ada cara yang harus kamu perhatikan. Tentu saja agar makanan yang kamu sajikan enak.

Ladies, berikut ini adalah tips memilih dan mengolah pisang yang wajib kamu ketahui. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pilih yang Berbintik Coklat
Jangan terburu menganggap pisang yang berbintik coklat adalah pisang yang busuk. Sebaliknya pisang dengan bintik coklat adalah ciri pisang yang ranum dan manis. Bintik coklat ini biasa disebut dengan sugar spot. Buah pisang yang memiliki banyak sugar spot siap untuk dimakan dan diolah menjadi bahan kue.

Bentuk Buah Bulat
Buah pisang yang matang sempurna adalah yang permukaannya membulat sempurna. Hindari memilih pisang yang masih memiliki siku sepanjang kulit, karena menandakan pisang masih mentah dan belum matang.

Pilih Tandannya yang Segar
Ketika kamu akan membeli pisang, perhatikan tandannya. Pilih tandan yang masih segar dan masih terlihat warna hijaunya. Hindari memilih pisang yang tandannya berwarna coklat atau kering, karena hal ini menandakan pisang sudah dipanen dalam waktu lama.

Berwarna Kuning Cerah
Kulit pisang yang matang berwarna kuning, tapi jangan asal berwarna kuning. Pisang yang matang sempurna berwarna kuning cerah dan merata. Hindari yang banyak bintik cooklatnya karenan menandakan pisang sudah lama melewati masa matangnya.

Tekstur yang Lembut
Pisang yang matang sempurna memiliki tekstur yang lembut bukan lembek. Pisang yang telah berwarna kuning tetapi memiliki tekstur yang keras berarti pisang tersebut dimatangkan dengan cara diimbuh. Tekan perlahan bagian daging pisang, jika terasa lembut maka pisang tersebut berkualitas baik.

Nah, mudah sekali bukan? Selamat memilih dan belanja pisang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan