Kasihan Banget Penyakit Ini Membuat Zaskia Sungkar Sulit Punya Anak ! Ini Penyebab dan Pengobatan Selain Operasi…

Artis dan Perancang busana muslimah, Zaskia Sungkar dikabarkan baru usai menjalani operasi pengobatan penyakit endometriosis yang dialaminya di Malaysia. Ia mengungkap rasa syukur atas keberhasilan operasi tersebut lewat akun Instagram miliknya. Rasa yang kuat untuk segera memiliki keturunan di tahun ke-enam pernikahan dengan Irwansyah, rupanya mendorong wanita cantik ini untuk mencari kesembuhan.

Apa sebenarnya endometriosis yang dihadapi oleh Zaskia dan apa hubungannya dengan mendapatkan keturunan?Dalam beberapa sumber, disebutkan bahwa endometriosis adalah tumbuhnya jaringan di dinding rahim (endometrium), yang tidak pada tempatnya.

Gejala-gejala Endometriosis
Meski umumnya tidak tergolong mematikan, penyakit menahun ini dapat menyebabkan gejala yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari pengidapnya.
Gejala endometriosis yang paling sering terasa adalah sakit yang luar biasa pada saat menstruasi. Selain itu, beberapa penderita endometriosis juga merasakan sakit saat buang air besar dan kecil ataupun saat berhubungan seks.
Di samping itu, pengidap endometriosis juga bisa mengalami pendarahan menstruasi yang berlebihan ataupun perdarahan di tinja atau urine.
Pengaruh endometriosis berbeda-beda pada tiap wanita, dan terkadang ada wanita yang sama sekali tidak merasakan gejala apa-apa. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tidak meremehkan rasa sakit yang mendadak muncul atau melebihi dari biasanya pada saat menstruasi. Segera memeriksakan diri ke dokter jika merasakan gejala yang tidak seperti biasanya.

Tidak hanya nyeri hebat dan banjirnya darah haid, beberapa gejala lain yang bisa mengindikasikan terjadinya endometriosis adalah sakit yang mengganggu saat berhubungan intim dengan pasangan.Ada juga yang merasa nyeri di panggul, nyeri di bokong, nyeri di perut bawah hingga ke belakang punggung. Namun dengan kemajuan ilmu medis saat ini, endometriosis dapat disembuhkan. Mantan penderita yang sudah sembuh pun bisa juga mendapatkan keturunan.

Langkah Pengobatan Untuk Endometriosis
Karena penyebabnya belum diketahui, langkah penanganan endometriosis yang akurat juga tidak ada. Tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi gejala agar tidak mengganggu rutinitas sehari-hari pengidap.Rasa sakit luar biasa saat menstruasi yang menjadi gejala utama penyakit ini dapat dikurangi dengan obat pereda sakit atau terapi hormon. Penanganan dengan operasi juga bisa dilakukan untuk mengangkat jaringan endometriosis, terutama untuk pengidap yang berencana punya anak.

Tinggalkan Balasan